Memahami Suasana Psikologis Penganut Paham Bumi Datar

Belakangan ini ramai sekali diperbincangkan soal wacana bumi datar yang mana paham ini merupakan paham yang sangat bertolak belakang dengan mainstream kepercayaan para ilmuan dan fisikawan. Bermula dari eksperimen yang dilakukan oleh Samuel Rowbotham terhadap datarnya permukaan air di sungai Bedford. Kesimpulan yang dia peroleh adalah benda yang seharusnya sudah terbenam di balik horizon namun ternyata masih nampak membuktikan bahwa bumi itu datar. Jika bumi bulat maka kelengkungan bumi itu akan membatasi kita dalam melihat benda-benda yang berada di kejauhan karena pasti benda-benda tersebut terposisikan ke bawah ke arah lengkungan bumi.

Namun pada eksperimen di sungai Bedford itu, benda-benda tersebut masih kelihatan. Salah seorang rasionalis bernama Alfred Russel Wallace mencoba menjelaskan hal tersebut dengan menganggap bahwa pembiasan cahaya oleh atmosfir bumi mengakibatkan cahaya yang berasal (atau lebih tepatnya dipantulkan) dari benda tersebut masih bisa dibelokkan mengikuti kelengkungan permukaan bumi sehingga sampai ke pengamat di kejauhan. Penjelasakan kaum rasionalis ini tak ubahnya seperti penjelasan-penjelasan semisal terhadap fenomena-fenomena yang sama sekali tidak mungkin dijelaskan, seperti penjelasan mereka terhadap sihir, atau fenomena-fenomena supranatural lain.

Sepandai-pandainya kaum rasionalis menjelaskannya, maka penjelasakan mereka tidak sepenuhnya bisa memuaskan. Demikian halnya dengan eksperimen Bedford tadi. Sampai sekarang kaum bumi datar masih menganggap eksperimen tersebut sebagai salah satu bukti yang kuat dalam menopang pandangan mereka. katakanlah bumi itu bulat, dan memang saya pribadi lebih cenderung menganggap bahwa bumi itu bulat namun tidak sepenuhnya percaya pada fakta-fakta sains yang terjadi sesudahnya. Misalnya apakah bumi itu benar berputar? Atau apakah benar manusia pernah mendaratkan kakinya di bulan? Jika semua yang diajarkan ke kita sudah benar, maka buat apa ada lagi ada kontroversi-kontroversi sesudahnya.

Baca Juga  5 Cara Menghilangkan Jerawat yang Mudah dan Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: